Rabu, 21 Maret 2012

Proyeksi ..

Kemarin baru dapet mata kuliah kepribadian yang ngebahas tentang proyeksi diri sebagai salah satu mekanisme pertahanan diri menurut Sigmund Freud..
Menurut beliau, Proyeksi merupakan suatu ketakutan neurotis dan ketakutan moral, dimana sifat yang tidak disukai individu tersebut kemudian dialamatkan pada orang lain atau dengan kata lain, menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri


nah, disini ada sebuah contoh yang amat real dari hidup saya
ada seorang teman yang menceritakan kejelekan teman lainnya,
dia berkata segala sesuatu yg jelek tentang diri temannya itu
kemudian selang waktu yang tidak terlalu jauh
saya menemukan keganjilan dari cerita teman saya ini ,
mengapa sepertinya apa yang dia ceritakan tentang temannya
malah seperti ada di dalam dirinya??
 
mungkin banyak yang tidak menyadari tentang hal ini
tapi saya salah satu yg menyadarinya...

satu yang sebenarnya menjadi masalah si individu ini
PERSAINGAN
dia sebenarnya sangat tidak ingin tersaing oleh teman"nya
terlebih lagi dalam penulisan skripsi
banyak yang sedang sibuk kesana kemari untuk mencari bahan tulisannya
tapi dia? hanya anteng dirumah atau jalan" bersama pacarnya mungkin
dan mengCOPAS segala macam tulisan yang ada di internet dan skripsi orang lain
sungguh di sayangkan manusia satu ini


semoga teman-teman yang saya percaya tidak seperti ini
 saya, salah satu orang yang sangat menyukai pertemanan
sangat tidak menyukai pembodohan dalam berteman
apalagi bersaing secara tidak sehat seperti ini
menghalalkan segala cara untuk lebih unggul


baiknya dalam berteman
haruslah dengan hati yang tulus ...
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar